Selasa, 01 Januari 2019

Perawatan Rutin untuk Kos-Kosan yang Harus Diperhatikan

Mempersiapkan budget perawatan rutin untuk kos-kosan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Salah satu bisnis properti yang sedang marak di geluti oleh banyak pengusaha properti adalah membuka kos-kosan. Properti kos-kosan memang banyak disukai oleh sebagian besar orang karena pengelolaannya yang sederhana namun mempunyai potensi keuntungan yang cukup bagus. Sehingga tanpa harus bekerja sekalipun maka pemilik kos tetap bisa menghasilkan passive income per bulannya.

Masalah yang umum dan paling sering di temui pada rumah kos-kosan salah satunya adalah adanya kerusakan atau perlunya perbaikan dan renovasi yang terkadang harus dilakukan. Perawatan rutin untuk kos-kosan itu seperti atap yang bocor ketikan hujan turun, kerusakan pada kamar mandi, maupun listrik yang bermasalah, perlunya di cat ulang dan sebagainya. Sebagai pemilik kos maka anda harus bertanggungjawab untuk memperbaiki kerusakan yang ada pada rumah tersebut. Memperbaiki dengan cepat harus dilakukan agar penyewa merasa nyaman. Sehingga hal itu akan membuat rumah kos-kosan anda selalu penuh dan disukai oleh peenghuninya.

Perawatan rutin untuk kos-kosan sebenarnya bisa saja hanya membutuhkan biaya yang kecil. Namun hal itu juga tidak menutup kemungkinan jika nantinya anda harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Karenanya untuk mengatasi agar budget yang anda keluarkan untuk perawatan rumah kos-kosan selalu tersedia, maka penting bagi anda melakukan alokasi penghasilan dari rumah kos-kosan. Anda bisa mengalokasikan biaya tersebut setiap bulannya setelah anda mendapatkan uang dari penyewa. Sebagai contoh jika penghasilan yang didapat dari sewa kos-kosan sebesar Rp 5 juta per bulan, sebaiknya sisihkan 5% atau 10% dari penghasilan tersebut khusus untuk biaya perawatan dan jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan.

Dana tersebut bisa disimpan, dan jika sewaktu waktu perawatan rutin untuk kos-kosan di butuhkan seperti perlu di cat ulang kembali, adanya perbaikan terhadap atap yang bocor, kamar mandi yang mengalami kerusakan atau hal lainya, maka tidak bingung untuk mendapatkan uang. Karena cukup dengan menggunakan dana alokasi khusus yang sudah di persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Terlebih perawatan ini juga penting untuk dilakukan agar kos anda tetap nyaman untuk ditinggali sehingga banyak yang ingin menempati.