Senin, 28 Januari 2019

Penyebab Laptop Lemot Ketika Digunakan

Kendala yang seringkali muncul saat menggunakan laptop adalah lemot atau akses yang memakan banyak waktu. Baik untuk aktivitas ringan seperti mengetik atau bahkan digunakan untuk bermain game. Ada banyak penyebab laptop lemot yang bisa segera diatasi dengan solusi tepat. Selain agar tidak mengganggu kinerja laptop dan komponen di dalamnya, kendala seperti ini juga bisa mengganggu aktivitas harian anda.

Laptop yang lemot bisa jadi karena banyaknya virus atau bahkan karena terlalu banyak aplikasi yang diinstal. Mengingat penginstalan aplikasi dan sistem juga harus melihat bagaimana spesifikasi laptop yang anda miliki. Berikut ini beberapa penyebab mengapa laptop seringkali lemot.

5 Penyebab Laptop Lemot yang Bisa Anda Hindari
1. Terlalu Banyak Startup Program
Salah satu penyebab laptop lemot pada perangkat anda adalah banyaknya startup program. Beberapa aplikasi ini akan berjalan di background yang secara otomatis saat anda mulai menyalakan laptop maka banyak aplikasi yang berjalan juga otomatis saat booting. Hal ini menyebabkan semakin lambat juga laptop kita.

2. Usia Hard disk
Usia hard disk yang terlalu lama bisa menjadi penyebab laptop lemot. Memang, hard disk memiliki keterbatasan usia. Kalau sudah terlalu lama digunakan maka hal ini akan mempengaruhi performa laptop kita secara keseluruhan juga. Perhatikan usia hard disk yang anda miliki.

3. Hard disk Penuh
Masih berkutat soal hard disk yang mana penyebab laptop lemot juga bisa karena hard disk ternyata penuh. Banyak data pada laptop yang kita miliki haruslah diperhatikan. Hard disk yang penuh mencapai 95% bisa memperlambat komputer kita sampai 50%.

4. Terlalu Banyak Tabs yang Dibuka
Penyebab berikutnya adalah banyaknya tabs yang anda buka pada saat sedang browsing. Hal ini bisa menguras RAM dari perangkat kita. terutama jika situs yang kita buka memiliki fitur auto refreshing. Tutup tabs yang sudah tidak digunakan.

5. Terkena Virus
Penyebab berikutnya adalah virus yang ada di dalam komputer atau laptop kita. Virus memperlambat dan merusak komputer kita. Maka dari itu waspadalah jika akan menerima file baik secara online atau offline.

Melihat bagaimana penyebab laptop lemot ini, anda tetap bisa mendapat solusi yang mudah. Mulai dari cek kondisi hard disk, menggunakan antivirus hingga mengurangi banyaknya tabs saat kita browsing. Dengan begitu, laptop bisa kembali berkinerja maksimal seperti semula.